Khawatir Benjolan di Sekitar Organ Kemaluan Wanita? Simak Dulu Informasi Berikut


Munculnya benjolan di sekitar organ kemaluan wanita bisa jadi pertanda akan kondisi tertentu, Sahabat Ayu. Meskipun berpotensi tidak membahayakan, sudah sepantasnya Anda selalu waspada, bukan? Sebelum berspekulasi dan memikirkan berbagai kemungkinannya, simak dulu informasinya berikut ini!

Tanda munculnya benjolan di sekitar organ kemaluan wanita

Munculnya benjolan di sekitar kemaluan wanita dapat merupakan tanda berbagai penyakit, di antaranya:

  1. Jerawat

Benjolan di dekat kemaluan memiliki ciri fisik yang berbeda. Jika hal itu disebabkan oleh jerawat, maka penanganannya akan mudah. Cukup dengan membersihkan kemaluan dengan baik, pasti jerawat yang tumbuh akan hilang. Jerawat disebabkan oleh kelembapan atau area yang tidak bersih.

  1. Kanker vulva

Kanker vulva merupakan jenis kanker yang menyerang bagian luar sistem reproduksi wanita (vulva). Namun, kemungkinan bahwa benjolan yang Anda temukan adalah tumor sel kanker cukup kecil. Kanker vulva termasuk langka, hanya menduduki 3-4% dari total kasus kanker alat reproduksi wanita.

  1. Herpes genital

Umumnya, herpes genital tidak menimbulkan tanda dan gejala sama sekali (asimptomatik). Namun, jika ada, herpes genital biasanya menyebabkan borok atau koreng, bukannya benjolan. Awalnya borok ini berupa benjolan kecil mirip gigitan serangga yang berubah menjadi luka melepuh yang terbuka dan terlihat seperti bisul. Biarkan saja mengering dan sembuh dengan sendirinya.

  1. Kutil Kelamin

Kutil kelamin memiliki tanda benjolan berdaging berukuran kecil yang padat, timbul, dan memiliki permukaan kasar. Penyebabnya adalah human papilloma virus atau HPV. Benjolan ini menyerupai kembang kol dan dapat tumbuh dalam kelompok. Anda bisa mendapatkan kutil kelamin melalui kontak kulit antar kelamin atau bahkan menyentuh alat kelamin dengan tangan yang membawa virus.

Cara menjaga kemaluan wanita yang sehat

Untuk mendapat kemaluan wanita yang sehat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Tentu segala bentuk penyakit kelamin wanita sudah sepantasnya selalu Anda waspadai. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan:

  1. Daun sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan anti kanker yang bisa membunuh sel-sel kanker pada penderita tumor payudara dan kista ovarium. Anda bisa mengonsumsinya dengan cukup mudah. Cukup cuci bersih dauh sirsak, rebus, saring, dan minum airnya. Caranya yang mudah ini membuat sebagian orang tetap tertarik memanfaatkannya sebagai media pengobatan hingga saat ini.

  1. Kulit manggis

Sama seperti daun sirsak, kulit manggis yang dikeringkan lalu diseduh dengan air hangat adalah kombinasi untuk menyembuhkan benjolan di dekat kelamin yang paling mudah. Kulit manggis yang mengandung anti oksidan alami diketahui mampu menghalau radikal bebas yang masuk ke tubuh.

  1. Mandi dengan air hangat

Selain membunuh bakteri jahat yang menempel pada vagina, air hangat juga dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, diantaranya menyembuhkan benjolan dekat kelamin dan membuat tubuh merasa nyaman. Menambahkan air garam ketika mandi air hangat juga berguna untuk menghilangkan pegal-pegal ketika lelah seharian bekerja.

Lakukan kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan vagina mulai dari hal-hal sederhana. Dengan menerapkannya sehari-hari, tubuh akan menjadi semakin sehat dan hari-hari juga akan diiringi dengan perasaan bahagia.

 

Benjolan yang muncul di sekitar organ kemaluan memang dapat menimbulkan kekhawatiran tersendiri karena bisa jadi merupakan pertanda penyakit tertentu. Jika benjolan tak kunjung hilang, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya, Sahabat Ayu. Selain itu, jangan lupa selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan untuk mencegah timbulnya benjolan yang mengkhawatirkan.