https://sumberayu.id/images/news/ingin-acara-keluarga-tambah-seru-coba-6-permainan-asyik-ini-1545d17.png

6 Ide Permainan Asyik untuk Acara Keluarga



Saat sedang ada acara keluarga, biasanya apa yang Anda lakukan, Sahabat Ayu? Acara keluarga memang biasanya dihabiskan hanya dengan berkumpul dan mengobrol. Tapi, apabila Anda ingin sesuatu yang lebih meriah, Anda juga bisa melakukan berbagai permainan asyik yang dijamin seru. Suasana kumpul-kumpul keluarga pastinya akan jadi lebih berharga. Berikut informasi lengkapnya!

Permainan tebak gaya

Jika Anda ingin sebuah permainan yang mudah dan dijamin seru, permainan tebak gaya adalah jawabannya. Anda mungkin sering melihat permainan ini melalui televisi karena memang banyak orang yang sering dan melakukannya. Caranya sangat mudah, Anda bisa membagi anggota keluarga jadi kelompok kecil, kemudian bergantian memperagakan sebuah gaya dan menebaknya. Kelompok yang paling banyak menebak gaya adalah pemenangnya.

Permainan ABC 5 dasar

Untuk melakukan permainan yang asyik dan seru di acara liburan keluarga kali ini, tak perlu selalu yang baru kan, Sahabat Ayu? Anda bisa mengingat dan melakukan kembali permainan di masa kecil dulu, salah satunya permainan ABC 5 dasar. Anda cukup menetapkan tema permainan, seperti nama hewan, buah, dan sebagainya. Setelah tema ditetapkan, minta anggota keluarga yang bermain menunjukkan jari mereka, jumlahkan, dan hitung sesuai abjad A-Z.

Aturannya sederhana, jika huruf yang harus ditebak sudah ditentukan, para pemain harus adu cepat menyebutkan jawabannya. Yang paling cepat menjawab hanya perlu menyebutkan kata sesuai awalan huruf dari tema yang sudah ditentukan. Dilanjutkan dengan pemain sebelah kanan dengan menyebutkan kata dari huruf terakhir yang disebutkan pemain sebelumnya. Kata yang disebut tidak boleh sama dan begitu seterusnya hingga para pemain menyerah dan yang bertahan yang menang.

Permainan monopoli

Satu lagi permainan yang mungkin sering Anda lakukan di masa lalu, yakni monopoli. Bermain monopoli memang hanya bisa dilakukan oleh empat orang, namun keseruan dan keceriaan yang dibawa permainan ini juga luar biasa. Selain asyik dan seru, bermain monopoli tanpa disadari juga membantu anak-anak untuk berhitung dan cerdas berstrategi. Tentunya permainan yang bisa dibilang legendaris ini cocok untuk dijadikan permainan di acara keluarga kali ini.

Permainan puzzle

Anda ingin melakukan permainan yang bisa dilakukan seluruh anggota keluarga? Puzzle bisa jadi jawabannya. Permainan yang cukup populer ini bisa Anda lakukan dengan mudah. Siapkan saja papan puzzle besar untuk dimainkan bersama keluarga. Tak hanya seru, permainan ini juga akan melatih kekompakan Anda beserta anggota keluarga lainnya. Melatih fokus, ingatan, dan kemampuan menyelesaikan masalah juga dihadirkan permaian seru satu ini, Sahabat Ayu.

Guess who

Pernah dengar permainan guess who (tebak siapa)? Kalau pernah, Anda pastinya tahu keseruannya. Permainan ini juga bisa menjadikan acara keluarga malam tahun baru, Natal atau sekedar liburan di rumah jadi lebih menyenangkan. Caranya gampang, cukup tentukan tema permainan dan kumpulkan nama-nama terkenal yang mudah ditebak ke dalam sticky notes. Lalu, tempelkan sticky notes tersebut pada punggung pemain. Pemain lainnya harus menyebutkan ciri-ciri kata yang tertulis hingga berhasil ditebak dengan benar.

Two truth one lie

Mungkin nama game ini terdengar cukup asing, namun permainannya cukup seru dan layak dicoba. Cara permainannya juga sangat mudah, tentukan pemain dengan jumlah pemain enam orang dan kemudian bagi ke dalam tiga kelompok. Setiap pemain wajib mengungkap tiga hal tentang diri mereka, dua benar dan satu bohong. Kelompok yang berhasil menebak pernyataan yang bohong berhak keluar menjadi pemenang dalam permainan ini. Sangat mudah, bukan?

 

Itulah beberapa ide permainan pada acara keluarga yang bisa Anda coba. Menjadikan momen acara keluarga, baik itu di malam tahun baru, acara Natal keluarga, ataupun sekadar liburan keluarga jadi lebih seru pastinya sangat layak Anda coba. Cobalah ide permainan untuk acara keluarga di atas dan jadikan momen kumpul-kumpul jadi lebih asyik dan seru ya, Sahabat Ayu!