https://sumberayu.id/images/news/7-cara-ampuh-mengatasi-kulit-sensitif-178a7a1.jpg

7 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Sensitif


Apakah Anda pernah mengalami reaksi tidak wajar setelah menggunakan sebuah produk skin care, Sahabat Ayu? Reaksi berlebihan seperti kulit memerah atau gatal akibat produk wewangian merupakan tanda bahwa kulit Anda sensitif, lho. Kulit sensitif sangat mungkin membuat Anda tidak nyaman sehingga menganggu berbagai kegiatan. Jika tidak dipedulikan, bisa jadi kondisi kulit makin mengkhawatirkan. Ingin mengatasinya? Simak dulu empat cara ampuhnya berikut ini!

Gunakan produk khusus kulit sensitif

Cara mengatasi kulit sensitif pertama yang bisa dengan mudah dilakukan adalah rajin menggunakan skin care khusus. Menggunakan produk yang mengandung banyak bahan kimia hanya akan membuat kulit sensitif Anda semakin parah. Sedangkan, jika memilih produk skin care organik dengan sedikit kandungan bahan kimia, alergi pada kulit bisa diminimalisir. Konsultasikan juga pada dokter untuk memastikan bahan apa yang sebaiknya Anda gunakan dan hindari.

Hindari ruam dari sinar matahari

Ketika kulit sensitif Anda bereaksi, potensi munculnya ruam pada kulit cukup besar. Ketika itu terjadi, sebaiknya hindari ruam tersebut dari sinar matahari. Ruam yang terpapar sinar matahari hanya akan membuatnya makin parah karena rentan terkena infeksi seperti staph atau MRSA yang cukup berbahaya. Jadi, saat Anda merasa mengalami infeksi, segera hubungi dokter untuk mendapat pertolongan antibiotik apabila diperlukan.

Kurangi pemakaian makeup

Kulit sensitif rentan terhadap penggunaan skin care, apalagi jika bahan di dalamnya tidak cocok dengan kulit Anda. Untuk itu, sebaiknya kurangi pemakain makeup untuk memperkecil kemungkinan terjadinya alergi pada kulit. Gunakan saja pelembap apabila Anda mengalami kulit kering atau BB cream untuk makeup ringan. Dengan meminimalisir penggunaan makeup, Anda dapat mencegah reaksi yang terjadi pada kulit sensitif, Sahabat Ayu.

Hindari kebiasaan sering berganti produk

Cara merawat kulit sensitif bisa Anda lakukan dengan menghindari kebiasaan sering berganti produk skin care. Kulit Anda akan lebih rentan menjadi sensitif ketika Anda terlalu sering berganti produk skin care. Produk yang beragam terkadang memang menggoda untuk dicoba semua, namun jangan sesekali melakukannya. Hal itu hanya akan membuat kulit Anda kehilangan pertahanannya sehingga akhirnya membuat kulit Anda makin sensitif dan rusak.

Lakukan tes terlebih dahulu

Sebelum Anda mengaplikasikan skin care seperti krim, masker, face mist, atau berbagai produk makeup lainnya pada wajah, pastikan untuk melakukan tes pada kulit terlebih dahulu. Fungsinya adalah agar Anda dapat memeriksa kecocokan kandungan produk tersebut terhadap kulit. Oleskan saja sedikit produk tersebut pada bagian tubuh Anda yang lain, misalnya punggung tangan untuk melihat reaksinya. Jika terjadi kemerahan, iritasi, dan gatal, sebaiknya jangan coba digunakan karena hanya akan berdampak buruk bagi kulit Anda, Sahabat Ayu.

Jangan sering menyentuh wajah

Anda perlu memperhatikan kebiasaan yang mungkin terdengar sepele namun cukup berdampak seperti sering menyentuh wajah. Ingatlah bahwa sering menyentuh wajah dapat dengan mudah memindahkan kotoran maupun bakteri dari jari ke wajah Anda. Akhirnya, kebiasaan ini dapat memicu munculnya jerawat serta membuat kulit sensitif Anda mengalami masalah kulit seperti gatal dan kemerahan. Pastikan Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah.

Konsultasikan ke dokter

Ketika kulit sensitif Anda semakin parah dan sulit dikontrol, itu pertanda bahwa sudah waktunya Anda harus berkonsultasi ke dokter, Sahabat Ayu. Apalagi perawatan kulit sensitif bukanlah perkara mudah. Dengan berkonsultasi ke dokter, Anda akan diberikan produk skin care yang sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga dapat mengurangi risiko kulit sensitif Anda semakin parah. Berkonsultasi ke dokter bisa jadi jauh lebih aman dan bisa diandalkan.

 

Itulah beberapa cara merawat kulit sensitif yang bisa Anda lakukan. Menggunakan produk khusus kulit sensitif dan memastikan Anda menghindari kebiasaan yang dapat memicu reaksi kulit sensitif merupakan beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan, Sahabat Ayu. Semoga bermanfaat, ya!