5 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita



Menjaga kesehatan reproduksi tentu merupakan hal yang wajib dilakukan kan, Sahabat Ayu? Jelas saja, karena memiliki reproduksi yang sehat sangat penting baik bagi calon bayi serta pasangan Anda. Melalui reproduksi yang sehat, aktivitas seksual bersama pasangan akan terasa semakin nyaman. Tak hanya itu, organ reproduksi yang terdiri dari vagina, rahim, tuba falopi, hingga ovarium ini juga berperan penting dalam produksi sel telur hingga proses persalinan.

Gunakan alat kontrasepsi

Anda bisa menggunakan alat kontrasepsi untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Dengan menggunakan alat kontrasepsi, berbagai penyakit menular seksual dapat dihindari. Anda pun dapat menjaga diri dari hal yang tidak diharapkan. Salah satu jenis alat kontrasepsi yang bisa Anda gunakan adalah kondom. Penggunaan kondom dapat membantu Anda mengurangi risiko penyakit menular seksual tersebut, Sahabat Ayu.

Penggunaan alat kontrasepsi juga dapat menghindarkan Anda dari kehamilan yang tidak direncanakan. Jenis alat kontrasepsi yang bisa Anda pilih pun beragam, mulai dari kontrasepsi hormonal, intrauterine, hingga sterilisasi dan penghalang. Pilihlah alat kontrasepsi sesuai dengan kebutuhan Anda, ya. Dan ingat, jangan berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual agar kesehatan reproduksi Anda tetap terjaga.

Periksakan kesehatan reproduksi secara teratur

Anda harus rajin melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi secara teratur. Melalui cek kesehatan reproduksi wanita, berbagai penyakit serius yang mungkin Anda alami akan lebih mudah terdeteksi sehingga bisa segera ditangani. Jika Anda mengalami tanda-tanda tak biasa, mulai dari munculnya ruam hingga benjolan, segeralah lakukan pemeriksaan untuk berjaga-jaga.

Untuk menjaga kesehatan reproduksi, Anda juga sebaiknya perbanyak konsumsi makanan sehat. Jika tubuh Anda sehat, otomatis kesehatan organ reproduksi juga akan terjamin. Oleh karena itu, jadikanlah konsumsi makanan sehat sebagai sebuah kebiasaan mulai dari sekarang. Jangan lupa perbanyak konsumsi aneka sayuran hijau lengkap dengan buah-buahan segar yang akan membuat Anda selalu bugar.

Rencanakan kehamilan Anda

Jika Anda adalah pasangan pengantin baru yang sedang menikmati indahnya bulan madu, ada baiknya Anda mulai merencanakan kehamilan. Kehamilan yang direncanakan dapat membantu Anda memiliki waktu mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan, mulai dari persiapan aspek fisik hingga mental.

Kehamilan tentu bukan perkara mudah. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar Anda merencanakannya terlebih dahulu. Hal ini tak hanya soal kesehatan reproduksi ataupun kesiapan mental Anda, namun juga terkait dengan kondisi calon bayi Anda kelak. Dengan merencakan kehamilan, calon bayi Anda nantinya tentu dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih sehat dan terhindar dari risiko gangguan kesehatan.

Jagalah berat badan Anda agar tetap ideal

Menjaga berat badan bukan berarti Anda harus kurus dan jarang makan. Yang terpenting, berat badan Anda tidak melebihi batas normal. Hal ini penting karena memiliki berat badan berlebih dapat memengaruhi ovulasi dan produksi hormon Anda. Tak hanya itu, memiliki berat badan berlebihan juga dapat meningkatkan kelembapan vagina. Vagina yang lembab merupakan kondisi merugikan yang dapat membuatnya berisiko mudah ditumbuhi dengan bakteri.

Jaga selalu kebersihan vagina

Vagina yang bersih dapat membuat kesehatan reproduksi Anda terus terjaga. Bagian inti dari organ reproduksi ini memang harus selalu diperhatikan kebersihannya, apa lagi bagi kesehatan reproduksi remaja. Jika tidak, berbagai masalah akan Anda alami, mulai dari gatal hingga terserang virus hingga bakteri. Oleh karena itu, pastikan kebersihan vagina tetap terjaga dengan membersihkannya menggunakan air mengalir atau jika perlu gunakan juga sabun khusus pembersih vagina.

Memasuki masa menstruasi, hendaknya Anda rajin mengganti pembalut 3-4 jam sekali. Hal ini dapat menghindarkan vagina menjadi lembap dan mudah diserang oleh bakteri. Rajinlah membersihkan vagina sebelum dan sesudah berhubungan intim dengan pasangan agar organ reproduksi Anda selalu sehat maksimal.

 

Menjaga kesehatan reproduksi memang hal yang wajib Anda lakukan, Sahabat Ayu. Jika organ reproduksi sehat, maka Anda akan aman, pasangan nyaman, calon bayi pun demikian. Semoga lima cara mudah menjaga kesehatan reproduksi di atas bermanfaat, ya!