5 Tips untuk Menyeimbangkan Karir dan Keluarga Harmonis Anda



Menentukan antara keluarga atau karir bukanlah pilihan yang mudah. Keluarga memang merupakan prioritas utama, namun karir juga berperan penting dalam mendukung ekonomi keluarga. Tak jarang banyak wanita yang merasa kewalahan dan memilih untuk meninggalkan karir demi mengurus keluarga. Namun jika memilih untuk tetap berkarir di luar rumah, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menyeimbangkan karir dan keluarga harmonis Anda:

1. Tentukan prioritas
Sebagai ibu yang bekerja, tentunya Anda memiliki waktu terbatas. Oleh karena itu, tentukanlah prioritas Anda. Usahakan untuk selalu datang ke momen-momen penting buah hati Anda, seperti perayaan ulang tahun, pementasan di sekolah, dan hari pertama masuk sekolah. Apabila Anda memiliki pekerjaan yang harus dilanjutkan di rumah, pastikan untuk terlebih dahulu meluangkan waktu bersama anak.

2. Utamakan Komunikasi Antar Anggota Keluarga
Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan rumah tangga. Selalu luangkan waktu Anda untuk berbicara dengan keluarga, baik secara langsung maupun melalui telepon dan chat. Koordinasikan jadwal Anda dengan anggota keluarga yang lain dan tentukanlah waktu untuk bercengkrama secara langsung dan saling bercerita. Hal ini dapat membantu mempererat hubungan antar anggota keluarga.


3. Tentukan Waktu Bersenang-senang Bersama Keluarga
Apabila Anda memiliki waktu luang, gunakanlah waktu tersebut untuk bersenang-senang bersama keluarga. Anda bisa pergi ke tempat rekreasi, piknik di taman, dan berjalan-jalan ke luar kota. Apabila waktu luang Anda tidak banyak, Anda dapat berolahraga atau jalan-jalan santai bersama.

4. Kelola stres
Menjalankan peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan wanita karir dapat membuat Anda rentan terhadap stres. Penting bagi Anda untuk mampu mengelola stres agar keluarga tidak menjadi bahan pelampiasan. Sediakan waktu untuk melakukan relaksasi secara rutin agar Anda terhindar dari stres.

5. Optimalkan waktu
Manfaatkanlah waktu Anda seoptimal mungkin. Hindari membuang-buang waktu baik di rumah maupun di tempat kerja. Apabila anak sedang tidur, gunakanlah waktu tersebut untuk melanjutkan pekerjaan Anda, membalas e-mailataupun SMS penting agar waktu Anda bersama anak tidak terganggu. Jangan lupa untuk meluangkan waktu bersama pasangan Anda untuk sekedar menonton TV atau bercengkrama.

Apabila keseimbangan antara keluarga dan karir sudah tercapai, maka Anda dapat menjalankan keduanya tanpa merasa kewalahan. Jangan lupa juga untuk selalu mengomunikasikan masalah dan kesulitan yang Anda hadapi, karena sebagai pasangan, Anda harus saling mengerti dan saling membantu.