https://sumberayu.id/images/news/konsumsi-6-makanan-ini-untuk-tingkatkan-kesuburan-wanita-17600a5.jpg

Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita



Ketika Anda dan pasangan memutuskan untuk memiliki seorang anak, tentu banyak hal yang harus Anda persiapkan, tidak terkecuali meningkatkan kesuburan. Salah satu cara meningkatkan kesuburan adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan yang tepat. Jika Anda mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, maka rencana kehamilan Anda bisa jadi lebih lancar dan terlaksana. Berikut tujuh makanan yang bisa bantu tingkatkan kesuburan Anda!

Kacang

Untuk mengurangi masalah pada kesuburan, peneliti di Harvard School of Public Health menyebut bahwa sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi protein nabati (berasal dari tumbuhan). Penelitian yang meneliti 19.000 wanita yang tengah mencoba hamil ini menemukan bahwa wanita yang kerap mengonsumsi sumber protein hewani seperti daging-dagingan memiliki potensi 39% lebih besar mengalami ketidaksuburan.

Anda bisa mengonsumsi nuts atau kacang-kacangan jenis apapun yang disukai. Bisa juga menambahkan jenis makanan ini ke dalam menu harian. Misalnya, kacang kedelai dan olahan kacang seperti tempe, tahu, ataupun susu kedelai. Mengonsumsi makanan yang tepat dapat meningkatkan masa kesuburan wanita yang Anda butuhkan, Sahabat Ayu.

Ikan

Asam lemak omega-3 merupakan zat yang sangat baik untuk mengoptimalkan kinerja reproduksi Anda, Sahabat Ayu. Ikan merupakan jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapat zat yang berfungsi meningkatkan kesuburan ini. Beberapa jenis ikan yang bisa Anda pilih di antaranya salmon, lele, tuna, hingga sarden.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi ikan. Pasalnya, ada kekhawatiran bahwa ikan dapat terkontaminasi oleh merkuri (zat berbahaya bagi kandungan). Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi ikan lebih dari 340 gram setiap minggunya agar aman. Terlalu khawatir dan tidak suka ikan? Konsumsi kacang almond, kenari, dan telur yang diperkaya omega-3 atau DHA juga bisa jadi pilihan.

Produk susu

Berbagai produk susu juga diketahui baik bagi kesuburan Anda. Produk olahan susu seperti keju dan yogurt, sangat baik untuk Anda konsumsi sebagai makanan yang berfungsi sebagai penyubur kandungan. Sebaiknya, pilihlah produk yang rendah lemak atau bebas lemak sebagai pilihan terbaik.

Karbohidrat kompleks

Jika selama ini Anda terbiasa mengonsumsi produk padi-padian sebagai sumber kabohidrat, bagaimana jika kali ini diganti dengan produk yang terbuat dari biji-bijian utuh atau complex carbohydrates (karbohidrat kompleks)? Jenis makanan karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau roti tawar gandum dan sereal biji-bijian utuh diketahui mengandung berbagai nutrisi penting bagi kesuburan, yaitu vitamin B, antioksidan, dan zat besi.

Karbohidrat kompleks lebih baik dikonsumsi karena nutrisinya lebih terjamin dibanding karbohidrat olahan. Sebuah penelitan juga menunjukkan bahwa konsumsi karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin dan akhirnya mengganggu hormon reproduksi dan siklus menstruasi. Usahakan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks sebagai makanan untuk kesuburan wanita yang bisa Anda andalkan.

Sayuran hijau

Mengonsumsi berbagai jenis greens atau sayuran hijau seperti bayam, selada, brokoli, kale, dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya juga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Sayuran sendiri kaya akan folat dan vitamin B yang menurut penelitian sangat baik untuk meningkatkan ovulasi. Bukan hanya baik bagi wanita, sayuran hijau juga baik dikonsumsi oleh pasangan Anda. Folat bagi pria diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma jadi lebih sehat.

Konsumsi makanan kaya akan zinc

Zinc diketahui berfungsi melancarkan siklus menstruasi dan meningkatkan produksi sel telur menjadi berkualitas. Zinc sendiri sangat baik Anda konsumsi jika Anda ingin hamil. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dengan mengonsumsi tiram.

Pilihan selain tiram yang bisa dijadikan alternatif apabila Anda tidak suka atau susah mencarinya adalah telur, produk susu, biji-bijian utuh, daging sapi, dan ayam. Meskipun kandungan zinc dalam beberapa produk ini kadarnya jauh lebih sedikit dari pada tiram, namun masih bisa Anda andalkan untuk meningkatkan kesuburan.

 

Itulah beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan yang bisa Anda andalkan, Sahabat Ayu. Mengonsumsi makanan di atas dapat menjadi cara meningkatkan kesuburan wanita yang bisa Anda lakukan dengan cukup mudah. Semoga berhasil!