https://sumberayu.id/images/news/kenali-5-masalah-kulit-wanita-indonesia-berikut-cara-mengatasinya-1619221.png

Kenali 5 Masalah Kulit Wanita Indonesia Berikut Cara Mengatasinya


Sahabat Ayu, masalah kulit yang dialami wanita Indonesia cenderung berbeda dengan wanita yang berada di belahan benua lain. Indonesia beriklim tropis sehingga memiliki cuaca yang cenderung panas, tak heran jika kemudian kulit menjadi lebih mudah kusam. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan kulit wanita Indonesia memiliki berbagai masalah, yaitu polusi udara, stres, dan kurang tidur. Jadi, apa yang seharusnya Anda lakukan untuk mengatasi berbagai masalah kulit tersebut? Yuk, simak!

Kulit wajah berminyak

Iklim tropis Indonesia berdampak pada sebagian besar masyarakatnya yang cenderung memiliki kulit wajah berminyak. Kondisi minyak berlebih ini terkadang membuat Anda kurang percaya diri tampil di depan umum sebab wajah super mengkilap. Dari segi kesehatan kulit wanita, kulit wajah berminyak dapat dengan mudah memicu munculnya jerawat. Di samping itu, makeup yang dipulaskan pada wajah berminyak juga akan lebih cepat luntur.

Untuk mendapatkan kulit cantik bebas kilap, Anda dapat menghindari penggunaan makeup berlebihan. Jika terpaksa harus tampil full make up sebaiknya memilih produk yang khusus untuk kulit berminyak. Selain itu, bersihkan wajah secara rutin minimal dua kali sehari dengan air bersih dan sabun wajah khusus untuk kulit berminyak.

Komedo dan jerawat

Komedo dan jerawat sebenarnya merupakan masalah kecil, namun sering kali justru membuat Anda merasa stres jika tidak bisa mengatasinya. Pasalnya, munculnya komedo dan jerawat di wajah akan membuat kulit Anda terlihat kotor dan tidak terawat. Untuk mengatasi kulit  berkomedo dan berjerawat ini, Anda hanya perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, yaitu dengan  rajin mencuci muka, membersihkan sisa makeup, serta menghindari konsumsi kafein berlebih.

Kulit kasar dan bersisik

Penyebab utama masalah kulit wanita Indonesia yang satu ini adalah akibat pengendapan kulit kering. Kulit kering umumnya akan mengumpul di lapisan atas kulit, yang apabila dibiarkan terlalu lama maka akan menjadi kulit mati. Kondisi inilah yang akan menyebabkan kulit Anda menjadi kasar dan bersisik. Sangat disarankan agar Anda merawat kelembapan kulit dengan mengusapkan body lotion setelah mandi dan tabir surya sebelum beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, untuk mengeringkan badan usai mandi, selalu gunakan kain lembut dan bersih. Jangan menggosok tubuh Anda terlalu kasar. Sebaliknya, Anda bisa menepuk-nepuk permukaan kulit yang basah tadi. Keringkan kulit selama kurang dari dua puluh detik.

Kulit kusam

Kondisi kulit yang kusam dipengaruhi pigmen di dalam lapisan kulit, di mana kulit sehat yang tumbuh tertutup dengan kulit mati karena berbagai rangsangan dari luar, seperti polusi udara ataupun sinar terik matahari. Sayangnya, sebagian wanita Indonesia berasumsi bahwa kulit wanita sehat harus berwarna putih. Padahal kulit langsat dan sawo matang merupakan identitas kulit cantik wanita Indonesia.

Untuk membuat kulit langsat dan sawo matang Anda bebas kusam dan terlihat lebih menawan, cobalah eksfoliasi secara rutin maksimal tiga kali seminggu untuk meluruhkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi kusam. Anda juga bisa menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 50++ untuk menghindari kulit terlihat kusam. Agar hasilnya lebih optimal, gunakan pula lulur mandi Sumber Ayu White Body Scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak lebih cerah.

Warna kulit belang

Warna kulit belang atau tidak merata di beberapa tempat ini tentunya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang tidak merata pada permukaan kulit. Warna kulit Anda menjadi berbeda antara yang terpapar sinar matahari dengan yang tertutup pakaian.

Untuk mengatasinya, biasakan mengoleskan tabir surya ke seluruh bagian tubuh, khususnya pada bagian yang sering terpapar sinar matahari seperti tangan dan kaki. Meski tak melindungi kulit dengan sempurna, setidaknya paparan sinar matahari bisa ditangkal semaksimal mungkin sehingga perbedaan warna belang tidak mencolok.

 

Merawat kesehatan kulit bagi wanita adalah kewajiban mutlak yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Untuk tampil cantik sempurna, Anda perlu memperhatikan perawatan kulit dari wajah dan seluruh bagian tubuh lainnya. Meski tinggal di daerah beriklim tropis, kulit wanita Indonesia tetap menjadi aset berharga. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya mengatasi masalah kulit Anda.