/storage/images/news/jangan-biarkan-keputihan-begitu-saja,-akibatnya-membahayakan-16476b2.png

Jangan Biarkan Keputihan Begitu Saja, Akibatnya Membahayakan


Keputihan sudah lama menjadi masalah bagi kebanyakan wanita. Banyak juga wanita yang menganggap keputihan sebagai masalah biasa. Meskipun tidak nyaman, tidak sedikit wanita yang tidak terlalu ambil pusing dan membiarkannya begitu saja. Tapi, Anda harus berhati-hati, Sahabat Ayu. Membiarkan keputihan bukanlah keputusan yang tepat, malah akan membahayakan, terlebih jika keputihan yang Anda alami berlebihan. Berikut informasinya!

Pengertian keputihan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai akibat keputihan pada wanita yang dibiarkan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai definisi keputihan. Keputihan merupakan cairan berlebihan yang keluar dari miss V. Ada dua jenis keputihan, yaitu fisiologis (normal) dan patologis (tidak normal). Yang harus Anda perhatikan adalah apabila keputihan yang Anda alami bersifat patologis. Jika lalai menangani keputihan, akibatnya bisa sangat fatal.

Cara membedakan jenis keputihan fisiologis dan patologis

  • Keputihan fisiologis

Keputihan fisiologis biasanya terjadi menjelang atau selama masa subur dan sebelum maupun sesudah menstruasi. Keputihan fisiologis ditandai dengan keluarnya lendir dari miss V dalam jumlah normal serta tidak menyebabkan rasa gatal ataupun bau.

  • Keputihan patologis

Keputihan patologis memiliki warna yang tidak seperti lendir. Biasanya warna keputihan patologis adalah hijau kekuning-kuningan atau bisa bercampur darah apabila keputihan itu sudah berupa penyakit.

Tanda keputihan patologis

Akibat keputihan berlebihan seperti keputihan patologis ini cukup banyak. Salah satu yang paling umum adalah munculnya rasa gatal pada area sekitar miss V. Lendir yang keluar dari miss V juga cenderung berbau sehingga membuat Anda dapat merasa sangat tidak nyaman.

Penyebab keputihan patologis

Penyebab keputihan patologis yang paling umum adalah karena kuman atau bakteri yang bersarang pada miss V. Miss V sendiri bukanlah area tubuh yang steril. Segala macam kuman normal berada dalam miss V. Berbagai kuman normal tersebut dijaga oleh flora normal agar tingkat keasaman pH miss V tetap seimbang. Namun, flora normal ini dapat terganggu dan menuntun pada tumbuhnya jamur hingga berbagai kuman merugikan lainnya.

Terganggunya keseimbangan keasaman pH miss V bisa menyebabkan flora normal di dalamnya rusak. Jika flora normal rusak, maka berbagai kuman yang berada dalam miss V memiliki peluang besar untuk berkembang dan tumbuh subur. Akibatnya, miss V akan mengalami infeksi yang pada akhirnya menyebabkan keputihan yang menyebabkan timbulnya rasa gatal, berbau, hingga pastinya menimbulkan ketidaknyamanan.

Dampak keputihan berlebihan yang dibiarkan

  • Kemandulan

Salah satu dampak keputihan pada wanita jika Anda biarkan adalah kemandulan. Kemandulan yang diakibatkan oleh keputihan ini terjadi karena keputihan yang dibiarkan dapat merembet ke dalam rongga rahim lalu menuju saluran indung telur hingga ke rongga panggul. Akibatnya, tidak sedikit wanita yang menderita keputihan berlebihan ini pada akhirnya mengalami kemandulan.

  • Kematian

Tak hanya kemandulan, akibat keputihan dibiarkan juga bisa sampai pada kematian, Sahabat Ayu. Hal ini dikarenakan, keputihan yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya kehamilan di luar rahim. Kehamilan diluar rahim dapat menyebabkan pendarahan hingga kematian. Selain itu, keputihan juga merupakan awal dari terjadinya kanker pada mulut rahim sehingga jangan sampai Anda lalai dan melewati kesempatan menyembuhkan keputihan sejak dini.

Yang harus dilakukan

Rawat dan jagalah area miss V dengan saksama. Bersihkan miss V dengan cara yang benar, misalnya dengan membilas miss V dari arah depan ke belakang atau arah anus untuk mencegah kuman masuk ke dalam miss V. Hindari juga kebiasaan memakai celana dalam bersama dengan teman wanita lainnya. Perhatikan juga kebersihan toilet umum dan bangunlah pola hidup sehat dengan banyak berolahraga dan penuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

Nah, mulai sekarang Anda tidak boleh lagi menyepelekan dan membiarkan keputihan begitu saja ya, Sahabat Ayu. Terlebih apabila keputihan yang dialami tersebut berlebihan. Jika dibiarkan, akibat keputihan berlebihan akan sangat membahayakan. Mulailah dengan rajin dan teliti merawat dan menjaga kebersihan miss V dan melakukan serangkaian pemeriksaan sejak dini.

 

Sources:

https://www.klikdokter.com/tanya-dokter/read/2807188/keputihan-fisiologis-dan-patologis

https://bidanku.com/keputihan-pada-wanita-jenis-penyebab-dan-pencegahan

https://bidanku.com/awas-keputihan-bisa-mengakibatkan-kematian-dan-kemandulan