Ini Kunci Jadi Istri Idaman Demi Keharmonisan Rumah Tangga

Menjaga keharmonisan rumah tangga sebenarnya tidak susah dilakukan kok, Sahabat Ayu. Tentunya kamu tidak bisa hanya mengandalkan suami. Kamu juga harus mengerahkan usaha yang sama agar keharmonisan tersebut bisa dicapai. Nah, dengan melakukan beberapa hal berikut ini, bukan hanya keharmonisan rumah tangga yang akan Anda dapatkan, tapi juga suami yang semakin sayang dan selalu ingin cepat pulang karena rindu dengan Anda.

Menjadi Pendengar yang Baik

Banyak artikel yang menyebutkan bahwa komunikasi merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah hubungan. Hal tersebut memang benar. Di sisi lain, perlu diingat bahwa komunikasi bukan sekadar rutin mengirimkan pesan di saat kerja, tetapi juga menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, komunikasi pun bisa berjalan secara dua arah dan efektif.

Saat mendengarkan suami pun, pastikan seluruh perhatian Anda tercurah kepadanya. Biarkan ia berbicara hingga selesai, baru setelah itu utarakan pendapat Anda jika memang diminta. Jika seandainya ada hal-hal atau keputusan suami yang kurang Anda setujui, berusahalah untuk memahami. Jangan menghakimi dan membuatnya merasa bersalah atau menyesal.

 

Perhatian, Tapi Jangan Posesif

Setiap pasangan pasti ingin diperhatikan, tidak terkecuali suami Anda, bahkan jika ia tidak memintanya sekali pun. Perhatian ini bisa Anda berikan melalui hal-hal simpel seperti memijat lehernya sepulang kerja, menyiapkan camilan jika ia harus lembur di rumah, dan sebagainya. Namun, ingat, perhatian bukan berarti posesif. Itulah arti keharmonisan rumah tangga sesungguhnya, di mana Anda dan suami saling percaya sehingga tidak perlu berperilaku posesif.

Menghormati Suami

Apabila Sahabat Ayu merupakan seorang muslim, Anda pasti tahu bahwa keharmonisan rumah tangga dalam Islam mengharuskan istri untuk taat dan menghormati suami. Bukan berarti kamu harus merendahkan diri di hadapan suami, ya. Kamu bisa melakukannya melalui tutur kata. Contohnya adalah mencoba memelankan suara meskipun sedang emosi.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga perilaku di depan umum. Jika memang ingin mencapai keharmonisan rumah tangga menurut Islam, hindari melakukan hal-hal yang bisa mengundang rasa malu atau membahayakan diri sendiri. Secara tak langsung, hal ini akan membantu menjaga nama baik suami.

Pintar Mengatur Keuangan

Memang tidak ada peraturan tertulis di mana keuangan keluarga harus dikelola oleh istri. Namun, tak ada salahnya untuk membekali diri dengan pengetahuan finansial yang cukup. Dengan begitu, jika memang suami kurang ahli dalam hal tersebut, kondisi keuangan keluarga masih akan terkendali karena Sahabat Ayu dapat membantunya. Lagi pula, suami mana yang tidak senang memiliki istri dengan keahlian dalam mengatur masalah keuangan?

Jangan Gengsi Menunjukkan Rasa Sayang

Rasa sayang merupakan hal penting dalam keharmonisan rumah tangga. Tanpa adanya hal tersebut, rumah tangga bisa terancam hancur. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya sesekali menunjukkan rasa sayang terhadap suami. Mungkin Sahabat Ayu merasa gengsi atau malu untuk melakukannya, tetapi hal ini penting untuk dilakukan. Bagaimana jika suami merasa insecure dan bertanya-tanya apakah sebenarnya Anda mencintai dia.

Tenang, rasa sayang tak harus ditunjukkan melalui ucapan, kok. Anda juga bisa membuktikannya melalui perbuatan, misalnya seperti memasak bekal untuk kerja atau menyiapkan setelan pakaian ke kantor. Anda juga bisa menulis surat cinta atau mengirimkannya melalui email jika memang malu mengungkapkan rasa sayang Anda secara langsung.

Tetap Menjaga Penampilan

Memang, kalau perasaan sayang sudah begitu kuat, Anda mau berpenampilan seperti apa pun suami pasti tak akan peduli. Namun, bukan berarti Anda boleh cuek terhadap penampilan di hadapan suami. Meski mungkin tak mengutarakannya secara langsung, suami pasti ingin agar Sahabat Ayu bisa selalu terlihat menarik, terutama di hadapannya. Oleh sebab itu, coba senangkan hati suami dengan selalu menjaga penampilan. Anda tak harus selalu dandan full make up, yang penting bersih dan terlihat segar.

 

Selain keenam tips di atas, sesekali Sahabat Ayu juga bisa memberikan kejutan kecil kepada suami. Kejutan ini tak harus dilakukan saat ulang tahun atau perayaan tertentu, bisa juga sesimpel menyelipkan note romantis pada bekal makan siangnya atau mengirimkan foto selfie cantik Anda saat kerja. Hal ini bisa menjauhkan Anda dan suami dari rasa bosan sehingga keharmonisan rumah tangga pun terjaga.